Selasa, 11 September 2012

SEJARAH PERKEMBANGAN FUNGSI DAN MANFAAT TRANSPORTASI


PENGERTIAN TRANSPORTASI

TRANSPORTASI adalah kegiatan pemindahan penumpang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain. Transportasi timbul karena adanya proses pemenuhan kebuthan. Perkembangan transportasi awalnya menggunakan teknologi yang sangat sederhana, yang didasarkan kepada pengamatan-pengamatan yang alamiah.
Filosofi dasar pengembangan teknologi transportasi adalah usaha meningkatkan kinerja pergerakan penumpang dan barang dengan berpatokan pada indicator jenis dan karateristik teknologi transportasi. Kendala yang dihadapi di dalam transportasi : keterbatasan muatan dan jarak tempuh. Sampai saat ini,belum dihasilkan suatu bentuk teknologi transportasi yang benar-benar mampo memenuhi setiap aspek di atas, yaitu kapasitas angkut, jarak tempuh,kecepatan pergerakan,kenyamanan dan keringanan biaya transportasi.

SEJARAH PERKEMBNGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI

Gambaran perkembangan teknologi transportasi secara singkat dapat di jelaskan sebagai berikut :

- Transportasi untuk memindahkan objek dilakukan pertama kali dengan menggunakan
tenaga manusia seperti menjinjing, memikul. Karena keterbatasan kemampuannya, manusia mulai menggunakan rakit atau perahu untuk memindahkan objek dengan bantuan tenaga manusia lalu digantikan oleh angin (Pengamatan alamiah di air) setelah roda ditemukan, manusiamulai membuat alat transportasi (sarana) dengan menggunakan tenaga hewan untuk memindahkan objek. Daya angkut dan jarak tempuh menjadi bertambah. Tantangan tersebut dapat di pecahkan pada “era revolusi industri” pada tahun 1829 mesin uap ditemukan, tenaga-tenaga hewan sebagai tenaga gerak mulai digantikan oleh tenaga mesin uap dan setelah era mesin uap, tenaga gerak digantikan oleh mesin-mesin bakar.

Gambaran perkembangan teknologi transportasi secara singkat dapat di jelaskan sebagai berikut :

TRANSPORTASI DARAT

Perpindahan dengan tenaga manusia (menjinjing , memikul). Karena keterbatsan daya angkut, mulai digunakan tenaga hewan untuk memindahkan objek (kapasitas angkut masih terbatas).ditemukan roda, selanjutnya dihasilkan berbagai ukuran dan tipe kendaraan: kuda/pedti.

Sejalan dengan perkembangan teknologi automatif, metal, elektronika dan informatika manusia berhasil memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk mencipatakan nernagai jenis dan ukuran kendaraan bermotor serta lokomotif yang kesemuanya berhasil menjawab tuntutan akan kapasitas angkut, jarak tempuh, kecepatan pergerakan dan kenyamanan serta keselamatan.

TRANPORTASI LAUT

Sebelum mampu memanfaatkan tenaga angin , rakit dan sampan merupakan pilihan utama untuk angkutan penumpang dan barang. Transportasi laut untuk komersial atau niaga dimulai sejak 3000 tahun sebulum masehi oleh bangsa yunani sekitar 800 tahun sebelum masehi.

Pada abad ke – 18 kapal yang digerakkan dengan mesin uap sudah beroperasi menggantikan kapal layar. Tahun 1916 sistem transportasi laut yang teratur / schedule pertama kali dilakukan dengan rute Liverpool – New York.

TRANSPORTASI UDARA

Belajar dari kemampuan alamiah burung merpati untuk dapat terbang di angkasa raya , manusia mengembangkan teknologi automotif , elektronika , mekanika ,di dalam usaha mewujudkan suatu bentuk teknologi.

Transportasi yang mampu secara cepat , nyaman memindahkan penumpang dan barang dalam jumlah yang lebih banyakhingga ke tempat – tempat yang jauh.

Seacara histories system transportasi udara merupakan moda transportasi yang berkembang belakangan di banding dengan moda transportasi lainnya.
Pada tahun 1903 , pesawat terbang untuk pertama kali nya berhasil diterbangkan.
Pada tahun 1914 , mulai di perkenalkan angkutan penerbangan yang sifatnya komersil yang terjadwal. Pada tahun 1969 manusia sudah bias mendarat di bulan.

FUNGSI TRANSPORTASI

Transportasi dapat di artikan perpindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Dalam transportasi terdapat 3 hal berikut, yaitu:
• Ada kendaraan sebagai sarana trasnportasi.
• Ada jalan (prasarana) yang di lalui.
Transportsi dikatakan sebagai kebutuhan turunan (derived demand)Karena keperluan akan jasa transportasi bertambah dengan meningkat nya kegiatan ekonomi dan berkurang jika terjadi kelesuan ekonomi.
Fungsi transportasi:
• transportasi berfungsi sebagai sector penunjang pembangunan dan pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi.

MANFAAT TRANSPORTASI
Manfaat transportasi dapat dilihat dari berbagai segi kehidupan masyarakat yang dapat di kelompokan dalam:
1. Manfaat ekonomi
Dengan transportasi memungkinkan transaksi dagang yang menguntungkan secara optimal antara penjual dan pembeli karena kedua lelompok tidak lagi berada dalam satu kelompok kecil.
Sediaan barang pada pasar yang berbeda- beda dapat di samakan. Perbedaan harga antra tempat dimana suatu barang sukar didapatkan dengan tempat barang tersebut berlimpah cenderung dapat disamakan dengan adanya transportasi yang baik.
Spesialisasi dalam kegiatan ekonomi dimudahkan dan di dukung.harga suatu barang di berbagai tempat dapat di seragamkan.

2. Manfaat social
• pelayanan untuk perorangan maupun kelompok
• pertukaran untuk bersantai
• perluasan jangka perjalanan social
• pemendekan jarak antara rumah dan tempat kerja.
• Bantuan dalam memperluas kota atau mendistribusikan pendudukmenjadi kelompok yang lebih kecil.

3. Manfaat politis.
• transportasi menciptakan persatuan nasional yang semakin kuat dengan meniadakan isolasi.
• Transportasi menyebabkan pelayanan kepada masyarakt dapat dikembangkan atau di perluas dengan lebih merata pada setiap bagian wilayah Negara.
• Keamanan Negara terhadap serangan dari luar yang tidak di kehendaki mungkin sekali bergantung kepada transportasi yang efesien yang memudahkan mobilisasi segala dayanasional serta memungkinkan perpindahan pasukan perang selama masa perang.
• Sistem transportasi yang efisien yang memungkinkan Negara memindahkan dan mengangkut pendduk dari daerah bencana.

4. Manfaat kewilayahan
• Dengan adanya jasa transportasi antara tempat sedian lebutuhan dan tempat permintn kebutuhan akan menyebabkan sanjang lintasan antara kedua daerah tersebut dapat berkembangdengan pesat sebagai akibat interaksi tata guna lahan system pergerakan transportasi.

Read more: http://belajarandsekolah.blogspot.com/2012/04/sejarah-perkembangan-fungsi-dan-manfaat.html#ixzz2FPhD9Xp3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar