Minggu, 16 September 2012

Dataran Tinggi Di Dunia



 
Dieng Plateau Tourism, 13-11-2010. Dalam ilmu geologi dan bumi, sebuah dataran tinggi, biasanya terdiri dari daerah yang relatif datar. Sebuah dataran tinggi yang sangat terkikis disebut dataran tinggi dibedah. Sebuah dataran tinggi vulkanik adalah dataran tinggi yang dihasilkan oleh aktivitas gunung berapi.

Dataran tinggi dapat dibentuk oleh sejumlah proses, termasuk, upwelling magma vulkanik, ekstrusi lava, dan erosi oleh air dan gletser. Magma naik dari mantel menyebabkan tanah mengembang ke atas, dengan cara ini besar, wilayah datar batu yang terangkat. Dataran tinggi juga dapat dibangun oleh lava menyebar ke luar dari celah dan daerah lemah dalam kerak bumi, sebuah contoh dari dataran tinggi adalah Dataran Tinggi Columbia di Amerika Serikat barat laut Amerika. Dataran tinggi juga bisa terbentuk karena proses erosi dari gletser di pegunungan, dalam hal ini dataran tinggi yang tersisa duduk di antara pegunungan. Air juga dapat mengikis gunung-gunung dan bentuklahan lainnya turun ke dataran tinggi.

Dataran tinggi diklasifikasikan sesuai dengan lingkungan sekitar mereka, kategori umum adalah: intermontane, Piedmont, dan dataran tinggi benua.

  1. Intermontane dataran tinggi biasanya dibentuk oleh kerucut es krim jatuh. tertinggi di dunia, dataran tinggi ini dibatasi oleh pegunungan. Dataran tinggi Tibet adalah salah satu dataran tinggi tersebut.
  2. Piedmont dataran tinggi yang dibatasi pada satu sisi oleh pegunungan dan di sisi lain oleh polos atau laut.
  3. Continental dataran tinggi yang berbatasan di semua sisi oleh dataran atau laut, bentuk dari gunung.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar