Selasa, 18 September 2012

Dunia Maya Dan Dunia Nyata



Aneh tapi nyata, ketika melihat dan membandingkan statistik jumlah pengunjung obyek wisata Dieng dengan pengunjung situs dieng plateau dot com.

Obyek wisata Dieng, yang masuk kedalam Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara merupakan dunia nyata, dimana obyek tersebut dapat dilihat, dirasakan maupun disentuh. Sedangkan dieng plateau dot com merupakan dunia maya hanya menggambarkan wisata Dieng melalui internet.

Perbedaan dunia maya dengan dunia nyata sangat jelas. Tapi mengapa, justru pengunjung dieng plateau dot com lebih banyak ketimbang pengunjung wisata dieng sebenarnya.

Perbandingannya boleh dibilang seperti langit dan bumi (sangat jauh), jika 1 orang telah mengunjungi wisata Dieng secara langsung maka 84-150 orang sebelumnya pernah mengunjungi situs dieng plateau dot com.

Kesimpulanya adalah, sebagaian besar wisatawan yang mengunjungi wisata Dieng pernah mengunjungi situs dieng plateau dot com, tetapi pengunjung situs dieng plateau dot com belum tentu atau belum pernah mengunjungi wisata Dieng.

Tentunya dalam hal ini dunia maya bisa dibilang lebih unggul dari pada dunia nyata, jika dilihat pengunjung (Skala perhitungan tahun 2011).

Mengapa bisa terjadi ?
  1. Apakah pengelola situs dieng plateau dot com lebih profesional dari pada pengelola obyek wisata Dieng ? (mohon dikoreksi).
  2. Mengunjungi dieng plateau dot com lebih mudah dari pada mengunjugi wisata Dieng secara langsung, karena dimananapun anda berada dan dibelahan bumi manapun dapat mengunjungi dieng plateau dot com (asal ada sambungan internet).
  3. Mengunjungi dieng plateau dot com lebih murah dari pada mengunjungi wisata Dieng secara langsung, belum lagi semua yang ada di Dieng sudah ditulis dan dijabarkan secara lengkap di dieng plateau dot com.
  4. Secara tidak langsung dieng plateau dot com menguntungkan obyek wisata dieng, karena orang dapat mengetahui informasi sebelumnya tentang Dieng melalui internet, namun pengunjung wisata Dieng sama sekali tidak menguntungkan dieng plateau dot com.
  5. Bicara soal keindahan, orang lebih percaya dieng plateau dot com ketimbang wisata Dieng sebenarnya, karena dieng plateau dot com menggambarkan obyek wisata dieng penuh dengan keindahan, namun ketika wisatawan mengunjungi Dieng secara langsung, 65% mengatakan sekarang Dieng tidak lagi indah.
  6. dieng plateau dot com dikelola oleh orang-orang kecil, juga berpendapatan kecil. Tetapi wisata Dieng, Wonosobo langsung dikelola pemerintah melalui dinas wisata dengan kapasitas modal besar.
  7. dilihat dari visi maupun misi dieng plateau dot com untuk dieng, untuk mempromosikan Dieng yang dibentuk sukarelawan, namun Dieng tidak untuk dieng plateau dot com.
 Dengan segala penunjang, fasilitas dan sarana prasarana seharusnya pengelola wisata Dieng lebih profesional (bukan dari kalangan pas-pasan) dan akhirnya nanti menjadikan obyek wisata Dieng kebanjiran pengunjung wisata.

Ketika wisata Dieng ramai, secara langsung masyarakat juga merasakan dampaknya.

Gambaran perbandingan dunia maya vs dunia nyata ini dapat dijadikan koreksi dan menuju perubahan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar